Sabtu, 22 Juni 2013

Confusing Words in English


CONFUSING WORDS

Learn atau Study?

Postingan kali ini masih seputar kata-kata yang serupa tetapi tidak sama dan terkadang membingungkan ketika ingin membedakannya. Kali ini kita akan membahas tentang kata learn dan study yang keduanya berarti belajar.
Kata kerja study menunjukkan sebuah aktivitas, aktivitas yang dilakukan ketika kita ingin belajar menguasai (learn) tentang sesuatu. Berbeda dengan itu, kata kerja learn berfokus pada momen dimana sesuatu telah menjadi bagian dari pengetahuan kita. Kata kerja learn juga mengandung sebuah makna penyelesaian/penguasaan (completion) dan sifatnya permanen (permanency); biasanya, ketika kita telah belajar (learn) sesuatu, kita tahu segala sesuatunya tentang hal tersebut dan kita tidak mudah melupakannya.
Perhatikan kalimat berikut
  • I learned German last year, but I can’t speak it (Saya telah mempelajari bahasa Jerman tahun lalu, tetapi saya belum bisa berbahasa Jerman)
“I learned German” menunjukkan bahwa Anda benar-benar telah mempelajarinya, atau telah menjadi bagian dari pengetahuan anda sehingga normalnya Anda mampu menggunakan bahasa tersebut. Kalimat diatas terdengar ganjil karena menggunakan kata learn sementara Anda tidak bisa berbahasa Jerman, yang seharusnya Anda telah menguasainya.
Kita bisa saja mempelajari (study) sesuatu tetapi tanpa penguasaan (learn) atau belum menjadi bagian dari pengetahuan kita, sehingga kalimat berikut sudah tepat.
  • I studied German for three years, but I can’t speak it.
  • I studied very hard, but I didn’t learn much.
Studying merupakan sebuah aktivitas yang kita lakukan selama sebuah periode waktu, tetapi learning merupakan sebuah perubahan tentang kesadaran/pengetahuan kita bukan sebuah aktivitas. Perhatikan contoh-contoh berikut:
Ganjil:
  • I learned German for three years.
Normal:
  • I studied German for three years until I finally learned to speak it.
Karena learn menunjukkan makna penguasaan/penyelesaian, maka tidak lazim ketika kita menggunakannya untuk subjek-subjek yang cukup luas yang mana tidak ada orang yang dapat mengetahui segala-galanya tentang itu. Justru, kita menggunakan learn untuk bidang-bidang studi yang lebih terbatas.
Ganjil:
  • I learned science (sains cakupannya sangat umum)
  • I learned philosophy (filosofi cakupannya sangat umum)
  • I learned music (musik cakupannya sangat luas)
Normal:
  • I learned how to play the piano (piano adalah bagian dari musik yang bisa dikuasai oleh seseorang)
Cukup sulit membayangkan ada seseorang yang dapat mempelajari segala sesuatunya (learn) tentang sains. Akan tetapi, Anda dapat mempelajari sebagian (study) sains atau learn about science. Learn about mirip dengan learn yakni apa yang kita pelajari menjadi bagian dari ingatan kita, tetapi learn about tidak memiliki makna penguasaan seperti pada kata learn, sehingga kedengarannya lebih berterima pada kalimat-kalimat berikut.
Normal:
  • I’m studying history
  • I’m learning about Japanese history
  • I want to learn about Western phylosphy someday.

Thanks or Thank you?

Dalam bahasa Inggris sering kita mendapati kata-kata mirip dan sering digunakan tanpa ada aturan/kondisi yang membedakannya. Begitu pula dengan “Thanks” dan “Thank you”. Saya yakin masih banyak rekan-rekan yang menganggap kedua kata ini sama dalam hal penggunaannya, dengan artian bahwa kita bisa menggunakannya silih berganti pada situasi/kondisi yang sama. Ini terbukti dengan adanya komentar dari salah seorang pembaca blog ini yang menanyakan tentang hal tersebut dan saya pikir ini merupakan bahan postingan yang baik. :)
“Thanks” dan “Thank you” dalam bahasa Indonesia keduanya diartikan “Terima kasih”. Tetapi ada sedikit perbedaan diantara keduanya. “Thank you” lebih formal dibanding “Thanks”.

Ago dan Before

Again, confusing words. Kata “Ago” memiliki arti yang lalu/lampau. Kata Before, selain berarti sebelum, juga sering digunakan dengan arti yang lalu/lampau. So, what’s the difference?
Ago digunakan apabila kita menghitung mundur dari waktu sekarang (present time). Atau dengan kata lain yang menjadi acuan adalah waktu sekarang. Contoh:
I met with Johnson in Italy 5 years ago.
Pada kalimat di atas subjek (I) berbicara tentang pertemuannya dengan Johnson di Italia 5 tahun yang lalu dihitung dari sekarang.

Among atau Between? .

Dalam postingan kali ini kita akan kembali membahas tentang kata-kata yang membingungkan (confusing words). Disebut demikian karena kata-kata ini memiliki arti yang sama tetapi penggunaannya berbeda sehingga sering disalahgunakan. Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara “Among” dan “Between”
Among dan Between memiliki arti yang sama yakni “antara/diantara“, namun ada perbedaan dalam penggunaan kedua kata ini.
BETWEEN berarti antara/diantara yang digunakan untuk memisahkan dua tempat atau benda.

It’s atau its?


Kedua kata ini masih sering rancu dalam penggunaannya. Kesalahan yang umum terjadi adalah ketika seseorang menggunakan “its” padahal yang dimaksud adalah “it’s”, walaupun kebalikannya juga sering terjadi. Sebetulnya, tidak terlalu sulit untuk mengingat yang mana diantara keduanya yang benar pada situasi tertentu.
Kita hanya boleh menggunakan it’s jika itu adalah bentuk singkat dari it is atau it has. Berikut beberapa contohnya:

Perbedaan Listen dan Hear

Banyak orang yang menggunakan listen dan hear secara bergantian. Akan tetapi, terdapat perbedaan penting diantara keduanya. Listening menunjukkan sebuah aktivitas yang disengaja (intentional). Jika digunakan listening, berarti anda secara aktif mencoba untuk mendengar sesuatu.
Berbeda dengan itu, hearing adalah sesuatu yang terjadi tanpa ada upaya untuk sengaja melakukannya. Anda bisa mendengar (hear) sesuatu bahkan ketika anda tidak ingin mendengarnya dan tidak mencoba untuk mendengarnya.

Perbedaan look (at), watch dan see?

Semua kata kerja ini terkait dengan penglihatan (sight) dan pandangan (vision)
1. See merupakan bentuk yang paling umum dari ketiga kata kerja ini dan biasanya diikuti oleh sebuah OBJEK. Contoh:
  • They’ve seen MANY CHILDREN wearing hats. (seen adalah bentuk ke-3 dari see)
  • John saw JASON at the party. (saw adalah bentuk ke-2 dari see)
Tetapi see tidak selamanya memiliki sebuah OBJEK.

Beside atau Besides?

Apa perbedaan antara beside dan besides? Banyak yang masih bingung dalam membedakan penggunaan kedua kata ini.
Beside (tanpa s) berarti “dekat dengan” atau “disamping sesuatu”
Contoh:
  • Come, sit beside me. (Mari, duduk di samping saya).
Besides berarti “selain.”
Contoh:
  • Besides me, Jack and Anna will be there. (Selain saya, Jack dan Anna akan ada disana).

Perbedaan Sometime, Some time dan Sometimes

Postingan ini ditulis menindaklanjuti komentar salah seorang pembaca blog ini yang menanyakan tentang perbedaan antara sometime dan sometimes. Kapan menggunakan sometime dan kapan menggunakan sometimes? Mungkin banyak yang tidak terlalu memperhatikan hal ini saat menggunakan kata-kata ini. Berikut kita akan membahas perbedaan ketiga kata ini.
Sometime berarti “pada waktu tidak tentu atau pada waktu yang tidak dinyatakan di masa yang akan datang.”

Quantifier - Few / Little / A Few / A Little

Quantifiter-quantifier ini digunakan untuk menunjukkan sedikitnya jumlah sesuatu, misalnya “I have a few books” berarti Saya mempunyai sedikit buku.
A Few
A few digunakan bersama kata benda yang dapat dihitung (countable) untuk menunjukkan kuantitas yang sedikit. A few juga digunakan dalam pernyataan-pernyataan afirmatif, tetapi tidak pada kalimat negatif. Kita umumnya menggunakan any untuk kalimat tanya.

Asking for Directions (Menanyakan arah tujuan)

Ungkapan-ungkapan berikut merupakan ungkapan-ungkapan yang umum digunakan ketika kita ingin menanyakan kepada seseorang tentang sebuah tujuan yang kita tidak ketahui jalan/arah untuk mencapai tujuan tersebut. Simak dialog berikut:
A: Excuse me, is there a computer store around here? (Permisi, apakah ada toko komputer di sekitar sini?)
B: Yeah. There is one right across the street. (Iya, ada tepat di seberang jalan itu)
A: Can you tell me how to get to Monas? (Bisakah Anda menunjukkan jalan ke Monas?)
B: Sorry. I don’t live around here. (Maaf, saya tidak tinggal sekitar sini)
A: Where’s Kartini’s Garment Shop? (Dimana Toko Baju Kartini?)
B: It is on the corner of the street. Next to the post office. (Di sudut jalan itu. Disamping kantor pos)
A: How do you get to cinema? (Bagaimana jalan menuju ke bioskop?)
B: Go straight down this street. Turn left when you get to Rambutan Street. Stay on Rambutan Street for half a block. It’s on the right hand side. (Lurus lewat jalan ini. Belok kiri ketika sampai di Jl. Rambutan. Tetap di Jl. Rambutan sampai setengah blok. Di sebelah kanan itu bioskop)

Possessives (kata kepunyaan/milik)

Possessives menunjukkan siapa atau apa yang menjadi pemilik sesuatu - yakni menunjukkan kepemilikan.
Kebanyakan kata benda bisa dijadikan bentuk kepunyaan hanya dengan menambahkan ’s. Sebagai contoh:
  • The restaurant’s food is very good.
  • David Beckam’s right foot is excellent.
  • You can eat an apple’s skin.
Jika kata benda jamak dan berakhiran huruf “s”, maka cukup ditambahkan tanda petik (). Sebagai contoh:
Kata girls pada kalimat berikut adalah jamak dan berakhiran dengan “s” sehingga:
  • The girls’ books are interesting. (The girls’s books are interesting)
Kata children pada kalimat berikut jamak tetapi tidak berakhiran dengan huruf “s” jadi tetap kita tambahkan ’s seperti biasa.
  • The children’s books are interesting.
Kata boss pada kalimat berikut berakhiran huruf “s” tetapi tidak jamak, jadi tetap kita tambahkan ’s seperti biasa.
  • The boss’s office is very big
Akan tetapi ini bisa terlihat ganjil, sehingga kita kadang-kadang perlu hanya menggunakan tanda . Sebagai contoh dengan nama:
Thomas’s book, Tess’s house juga bisa menjadi Thomas’ book, Tess’ house.
Kaidah dasarnya adalah: jika kata benda jamak dan berakhiran huruf “s” tambahkan tanda - tetapi jika tidak tetap tambahkan ’s.
1. Possessive adjective (kata sifat milik)
Berikut kata sifat milik dengan contoh kalimat. Perhatikan bahwa kata sifat milik ditempatkan sebelum kata benda.
Possessive Adjective
My
Your (singular)
Her
His
Our
Your (plural)
Their
Its
Contoh
This is my book
Your car looks great.
Her watch is expensive.
His house is on Chamber Street.
Our dog is cute.
Your friends are nice.
This is their ball.
The cat likes its food.
2. Possessive pronoun (kata ganti milik)
Berikut kata ganti milik dengan beberapa contoh kalimat. Perhatikan bahwa kata ganti milik tidak pernah ditempatkan sebelum kata benda.
Possessive Pronoun
Mine
Yours (tunggal)
Hers
His
Ours
Yours (jamak)
Theirs
Its
Contoh
This book is mine.
That car is yours.
The expensive watch is hers.
The house on Chamber Street is his.
The cute dog is ours.
Those friends are yours.
This ball is theirs.

Tidak ada kata ganti milik untuk its, jadi kita tidak bisa mengatakan “The book is its“. Kata ganti milik juga sering ditempatkan di akhir kalimat dan biasanya ditekankan. “This is my book” bisa memiliki makna yang cukup faktual, tetapi “This book is mine” lebih menekankan siapa pemilik buku itu.
Contoh penggunaan dalam percakapan
1) Whose watch is this?
Oh, it’s mine.
And whose pen is this?
It’s Tim’s, I think.
2) Whose CDs are these?
They’re mine. Do you like them?
Sure, I’ve got the same CDs at home.
3) Who lives in that house?
Oh, that’s the Jones’ house. This is our house.
Your house is really nice.
Thanks.
Is this your car?
No that’s not mine, it’s my neighbor’s. This is mine.
Kosa kata baru:
whose = punya siapa
watch = jam tangan
mine  = punya saya
these =ini
CD = CD
mine = punya saya
same = sama
Jones - a common family name
our = kami
nice = bagus
neighbor = tetangga

Telling the time (berbicara tentang waktu)

Secara umum ada dua cara yang digunakan untuk menyampaikan waktu yaitu cara formal tetapi lebih mudah dan cara yang lebih populer.
Cara formal tetapi lebih mudah
Mengucapkan jam terlebih dahulu lalu diikuti dengan menit.
Contoh: 7:45 - seven forty-five
Untuk 01 sampai 09 menit, kita bisa mengucapkan ‘0′ sebagai oh
Contoh: 11:06 - eleven (oh) six
Cara yang lebih populer
Mengucapkan menit terlebih dahulu lalu diikuti dengan jam. Gunakan past dan jam sebelumnya untuk menit 01 sampai menit 30. Gunakan to dan jam yang akan datang untuk menit 31 sampai 59.
Contoh: 7.15 - fifteen minutes past seven
Contoh: 7.45 - fifteen minutes to eight
Cara lain untuk mengucapkan “fifteen minutes past”: a quarter past
Cara lain untuk mengucapkan “fifteen minutes to”: a quarter to
Cara lain untuk mengucapkan “30 minutes past”: half past
Contoh: 5:30 - half past five
Untuk lebih memudahkan perhatikan gambar berikut:

Catatan:
Gunakan o’clock hanya untuk pukul tepat.
Contoh: 7:00 - seven o’clock (tetapi 7:10 - ten past seven)
Dalam percakapan bahasa Inggris biasa, digunakan 24 jam.
Contoh: 17:20 - twenty past five
Untuk waktu sekitar tengah malam atau tengah hari kita bisa menggunakan ungkapan midnight atau midday/noon bukan angka 12.
Contoh: 00:00 - midnight
Contoh: 12:00 - midday atau noon
Untuk memperjelas apakah yang anda maksudkan adalah waktu sebelum jam 12 atau sesudahnya, kita bisa menggunakan in the morning, in the afternon, in the evening, at night. Gunakan in the morning sebelum jam 12 siang, dan gunakan in the afternoon setelah jam 12 siang.
Contoh: 3:15 - a quarter past three in the morning ATAU a quarter past three at night
Pengungkapan yang lebih formal untuk menunjukkan apakah sebuah waktu yang dimaksud sebelum siang atau setelah siang adalah a.m. (ante merediem - antara pukul 00.00 sampai 12.00 siang) dan p.m. (post meridiem - antara pukul 12.00 siang sampai 00.00). Pengucapan seperti ini harus dirangkai dengan cara formal dalam mengucapkan waktu.
Contoh: 3:15 - three fifteen a.m.
Tidak lazim menggunakan a.m. dan p.m. dengan past atau to.
Contoh: 3:15 - fifteen minutes past three ATAU a quarter past three
Bahasa Inggris Amerika
Selain past orang Amerika sering menggunakan after.
Contoh: 06:10 - ten past/after six
Tetapi dalam pengungkapan waktu dengan half past tidak lazim mengganti past dengan after.
Selain to orang Amerika sering menggunakan before, of atau till.
Contoh: 05:50 - ten to/before/of/till six

Tidak ada komentar:

Posting Komentar